Selasa, 13 Desember 2016

Tutorial root Samsung All Tipe J



Tutorialsmart- Sebelum melakukan root pada perangkat Samsung J5 2016 anda, sebaiknya sobat mengenal terlebih dulu apa itu root. Istilah rooting sudah sangat familiar di kalangan pengguna Android. Rooting biasanya dikenal dengan ngoprek dengan tujuan tertentu, seperti memaksimalkan kinerja smartphone. Secara sederhana, rooting bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi sistem android pada perangkatnya. Baca  Melakukan root pada Android sobat tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan smartphone Samsung J5 2016 anda secara drastis.

Rooting Android sama seperti “membuka pintu” untuk mengembangkan sistem operasi ini. Jika Samsung J5 2016 sobat bisa di root, mengapa vendor martphone Android tidak memberikan akses root ini sejak awal? Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi sistem operasi Samsung J5 2016 anda secara keseluruhan, sehingga tidak sembarang orang awam bisa mengoprek yang menyebabkan sistem pada Samsung J5 2016 sobat mengalami error.

 Lalu apakah dampak yang ditimbulkan jika device Samsung J5 2016 sobat di root? Sebaiknya sobat mengetahui dulu resiko apa saja yang akan ditimbulkan ketika Hp android berhasil di root. Melakukan root pada Samsung J5 2016 bisa menyebabkan garansi smartphone anda hilang. Segala resiko yang ditimbulkan ketika proses rooting menjadi tanggungjawab penuh sobat sebagai pemilik Samsung J5 2016.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Vivo V5 
                   Spesifikasi Lengkap Huawei Mate 9 pro

 Bagaimana cara agar berhasil melakukan root? Ada salah satu faktor penting yang harus diperhatikan karena hal ini menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam proses rooting.

Faktor penentu keberhasilan dan kegagalan tersebut adalah user itu sendiri yang tidak mengikuti langkah demi langkah secara benar sehingga proses root pada Samsung J5 2016 menjadi gagal. Faktor lain yang menyebabkan kegagalan dalam root Samsung J5 2016 yakni smartphone yang sobat miliki telah dioprak-aprik sebelumnya sehingga jeroannya tidak lagi asli dan ketika di root tanpa menggunakan Pc/Komputer diterapkan pada perangkat anda, maka tidak akan berfungsi dengan baik sehingga rooting dikatakan gagal, dan masih banyak faktor lainnya. Agar terhindar dari segala kegagalan saat root, silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini dengan benar.

  1. Menggunakan Aplikasi KingRoot
kin

Aplikasi KingRoot adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuka open source OS android sehingga lebih mudah untuk dimodifikasi untuk kepentingan pribadi. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy J5 2016 dengan Kingroot: Download dulu aplikasi King Root. Sebelum instal aplikasi ini, sobat harus mengizinkan Samsung Galaxy J5 2016 anda melakukan instalasi dari aplikasi pihak ketiga. Caranya, buka menu Pengaturan => Keamanan => Sumber tak dikenal (lalu centang). Carilah aplikasi KingRoot.apk yang sudah diunduh tadi, biasanya berada di folder Download. Gunakan aplikasi File Manager bawaan Samsung untuk mencarinya.

Download filenya disini  

 Install aplikasi KingRoot.apk, ikuti tahapannya hingga proses instalasi selesai. Ingat! pastikan smartphone Samsung Galaxy J5 2016 anda terhubung dengan internet, serta memiliki daya baterai minimal 50%, bisa juga sambil melakukan charger untuk jaga-jaga. Buka atau jalankan aplikasi King Root, tunggu beberapa saat lalu klik pada lingkaran yang bertuliskan kata “Root“. Tunggu beberapa saat, jika muncul pesan konfirmasi instalasi aplikasi King Master/ King User atau semacamnya pilih saja “Iya” atau “Izinkan”. Apabila muncul notifikasi yang berwarna hijau/ biru, berarti Samsung Galaxy J5 2016 anda telah berhasil di root. Sekarang silahkan matikan, lalu hidupkan kembali (restart/ reboot) Samsung Galaxy J5 2016 anda. Selamat, Proses Root Samsung Galaxy J5 2016 telah berhasil.

  2. Menggunkan Aplikasi FramaRoot frama

Jika cara di atas belum berhasil, maka sobat bisa gunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi FramaRoot merupakan aplikasi yang memiliki cara kerja yang sama yaitu membuka open source (root) dari OS android agar mudah dimodifikasi. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy J5 2016 dengan Framaroot: Buka Aplikasi FramaRoot 1.9.2, lihat menu “Select an action to execute after root“, lalu ganti dengan “install Superuser” atau “install SuperSU“.

download filenya di sini

Silahkan sobat pilih saja Install Superuser. Setelah itu, pilih “Gsobatlf“. Aplikasi ini akan otomatis melakukan proses Rooting. Jadi tunggu beberapa saat hingga proses root di Samsung J5 2016 anda selesai. Jika proses root selesai, maka akan muncul popup “superuser and su binary installed. you have to reboot your device“. Silahkan tekan OK, maka Samsung Galaxy J5 2016 anda akan restart sendiri. Setelah selesai restart, cari aplikasi SuperSU dan install binary mode normal. FINISH, selamat Samsung Galaxy J5 2016 anda sukses di root.  

  3. Memakai Aplikasi 360Root

360

Jika FramaRoot juga belum berhasil, anda bisa gunakan aplikasi bernama Aplikasi android bernama 360Root ini. Aplikasi 360 Root memiliki fungsi untuk memudahkan dalam proses rooting OS android. Berikut ini tutorial cara root Samsung Galaxy J5 2016 dengan aplikasi 360R00t: Aktifkan Sumber tak dikenal untuk bisa instal aplikasi diluar playstore melalui menu Setting => Security => Unknown Source (centang).



Aktifkan USB Debugging, pergi ke Settings => Developer options => centang USB Debugging. Untuk android 4.2 ke atas pergi ke Setting => About phone => tekan Build number berkali-kali sampai muncul pemberitahuan menjadi pengembang. Kembali ke menu Setting => Developer option => centang USB Debugging. Buka aplikasi 360 Root, klik tombol root untuk memulai proses rooting pada Samsung J5 2016 anda. Silahkan tunggu hingga proses rooting telah selesai, Jika muncul aplikasi dengan icon R, berarti proses root telah sukses di Samsung Galaxy J5 2016 anda. 

Download Filenya Di sini

Demikianlah postingan 3 Cara Root Samsung J5 2016 tanpa PC atau dengan Aplikasi. Semoga postingan ini membawa manfaatkan untuk memodifikasi smartphone kesayangan sobat sesuai dengan keinginan sendiri. PENTING! Gunakan cara di atas dengan bijaksana agar tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar